Sabtu, 09 Mei 2009

WARUNG KOPI

BELAJAR UNTUK MEMAAFKAN

Tak ada manusia yang luput dari kesalahan,walaupun kita sudah berusaha untuk berbuat sebenar mungkin. Seperti pepatah mengatakan sepandai-pandai tupai melompat pasti pernah jatuh, pasti setuju dengan saya kalau tupai tidak sengaja membuat dirinya jatuh bukan? Tentu ada beberapa faktor yang membuat dia jatuh, mungkin karena faktor angin yang menggoyangkan dahan yang ingin dicapai sehingga meleset, mungkin juga dia tergesa-gesa karena dikejar pemburu sehingga tidak sempat berfikir rasional, Mungkin dia tergiur dengan buah kelapa yang muda diseberang sehingga membuyarkan konsentrasinya dan masih banyak faktor yang lainnya.

Begitu juga manusia, tak ada yang sengaja berbuat kesalahan yang ada hanyalah dia
tidak sadar kalau yang dilakukannya salah. Tentunya banyak faktor yang membuat dia tidak sadar melakukan kesalahan itu.

Sebaik-baiknya kita berbuat masih juga ada yang menilai tidak baik. Sesuatu yang
kita anggap benar belum tentu benar dimata orang lain, Semua orang punya persepsi yang berbeda – beda tentang suatu dan dengan ego yang dimilikinya manusia selalu mempunyai pembenar sendiri-sendiri, tidak ada yang mau disalahkan dan tidak ada yang mau mengaku salah.

Nah kalau yang sudah seperti itu tidak akan ada keharmonisan dalam hubungan baik itu pacaran, saudara, keluarga maupun di masyarakat. Perbedaan tetaplah perbedaan seperti warna Hitam dan Putih tidak lah bisa disamakan dan apabila dicampur warnanya akan jadi abu bukan lagi Hitam dan Putih. Supaya tercipta hubungan yang harmonis, bagaimana kita mengerti dan menghargai perbedaan itu dengan belajar memaafkan dan minta maaf. mungkin bertanya, mengapa harus belajar minta maaf atau memaafkan, kan tinggal diucapkan saja ? .

Benar kata itu tinggal diucapkan saja akan tetapi pada saat kita dikuasai ego alias
mempertahankan harga diri, saat itu lidah akan menjadi kelu, bibir terasa dijarit, dan handphone atau gagang telpon terasa berat satu ton, orang yang bisa memaafkan kesalahan orang dan segera minta maaf atas kehilafannya maka di telah memenangkan dirinya sendiri dan hidupnya. Dengan demikian dia telah terbebas dari belenggu ego yang membatasi setiap langkahnya. Bisa bayangkan kalau kita tidak mau memaafkan kesalahan orang lain dan minta maaf ataskehilafan kita? Akan semakin banyak orang yang kita tidak sukai dan menjadiauhi kita.

Saya ilustrasikan kita seperti menebar beling (pecahan botol) disekeliling kita yang
akan selalu membatasi setiap langkah kita. Ada orang bilang “Kalau kita ingin dihargai maka buang dulu harga diri kita jauh-jauh”. Orang akan semakin menghargai kita ketika kita berani mengakui kesalahaan dan berhati besar bisa memafkan orang lain, karena kita juga tidak akan pernah luput dari kesalahan. Benih cinta pun akan tumbuh dengan subur mewarnai setiap langkah dalam kehidupan. Takan ada lagi beban di hati, kemanapun melangkah akan terasa nyaman, betapa indahnya hidup dengan cinta.

HILANGKAN KETAKUTAN


Manuasia memang dianugerahi kelebihan diantara semua mahluk ciptaan Tuhan yaitu manusia memiliki Rasa. Dengan rasa manusia mampu menilai mana yang buruk dan yang baik, mempunyai rasa senang, sedih, takut, dan yang lainnya. Sering kali rasa takut itu berlebihan sehingga memunculkan kecemasan dan kekhawatiran dan secara tidak sadar kita sudah masuk ke alam curiga.Ketika itu pula fikiran kita mulai memunculkan hal-hal yang negatif sehingga akal sehat pun hilang. Kita berlaku seperti orang yang tahu segalanya apa yang terjadi dan akhirnya sampai kepada titik puncak yaitu memvonis bahwa apa yang kita fikirkan benar. Pada fase ini Fikiran benar-benar sudah dikuasai oleh alam fikiran yang gelap dan jahat. Ego akan muncul dan kita akan gampang sekali marah, menuduh dan menyalahkan orang lain, hal itu sangat bertentangan sifat manusia yang ingin didengarkan, diperhatikan, disayang dan dicintai. Tentunya sudah bisa menebak apa yang terjadi kalau manusia saling tuduh saling curiga, pastikan cinta itu sudah hilang sehingga terjadi hubungan yang tidak harmonis dalam kehidupan kita baik itu kehidupan rumah tangga, pacaran, hubungan masyarakat dan pekerjaan.

tahu gak ?, kalau kita sering memikirkan yang jelek kepada orang lain atau orang
yang kita cintai bisa jadi apa yang kita fikirkan itu bisa terjadi kepadanya karena secara tidak sadar sudah menggunakan kekuatan fikiran dan perasaan yang sering disebut Telepati. Begitu juga sebaliknya ketika terbebas dari rasa takutsehingga apa yang kita fikirkan terhadap diri sendiri maupun orang lain adalah hal-hal yang baik maka itu akan sangat membantu, misalnya kalau ada orang yang mau beniat jahat kepada dengan berfikir positif dan baik padanya orang itupun akan mengurungkan niat jahatnya, atau pasangan kita yang berada jauh dari kita juga akan terjadiaga hatinya untuk tetap setia. pasti bertanya gimana caranya menghilangkan rasa takut itu ? sudah saatnya menumbuhkan benih cinta yang ada dalam diri dengan menyiramkan dengan fikiran positif dan memupuknya dengan rasa percaya. Kuncinya adalah dengan berrpasrah diri kepada Tuhan, rajin berdoa meminta yang terbaik untuk diri dan dan orang – orang yang sayangi. Tumbuhkan kepercayaan bahwa hanya Tuhan yang tahu apa yang akan terjadi, dan akan sangat berdosa kalau kita melangkahi kuasaNya dengan berfikir kita tahu apa yang tidak kita lihat.

Pada saat merasa gelisah pada tidak bisa menghubungi orang yang kita karena
Hpnya tidak aktif, pada keadaan seperti itu jagalah fikiran agar tidak sampai masuk ke alam curiga yang hanya akan menimbulkan pertengkaran. Fikiran itu sangat liar kalau tidak dikontrol, untuk itu kontrolah fikiran dengan cara merayu fikiran dengan memprogramkan hal yang positif tentang dia seperti ; pasti sedang sibuk,Baterai Low, tidak ada signal atau sedang ada rapat. Dan yang lebih penting berdoa agar semuanya baik—baik saja. Bisa j dia akan menerima signal positif dari dan menelpon balik. Begitu juga saat teman kita berlaku tidak seperti biasanya pada , berfikirlah mungkin dia sedang ada masalah, atau lagi sibuk mengerjakan sesuatu, sehingga terhindar dari fikiran kalau teman sedang tidak suka dengan sehingga hubungan pertemanan jadi terganggu. Ketika rasa curiga itu sudah bisa kita atasi dengan sendirinya benih cinta di hati akan
bersemi disiram dengan rasa percaya.

SENANG MELIHAT ORANG BAHAGIA


Kehidupan ini memang seperti roda berputar, kadang di atas kadang di bawah,
kadang senang kadang sedih. Kebahagiaan itu tidak bisa diukur dari apa yang kita miliki, ada orang yang punya banyak uang tetapi tidak bahagia begitu juga ada orang yang hidupnya sederhana tetapi bahagia. Karena kebahagiaan bukanlah tujuan akhir dari pencarian hidup, kebahagiaan itu adalah bagaimana kita mensyukuri setiap langkah keberhasilan yang diraih dalam hidup kita walau sekecil apapun itu.

*Kebahagiaan tidak bisa diukur dari apa yang kita miliki, tapi bagaimana kita
mensyukuri yang kita miliki*

Kebahagiaan itu milik semua orang tanpa kecuali, kita akan memperoleh kebahagiaan
sejati ketika kita bisa mendoakan orang lain bahagia dan senang melihat orang yang kita cintai hidup bahagia. Namun kenyataannya masih banyak orang yang mata hatinya dibutakan oleh keserakahan dan keangkuhan sehingga cinta itu pun hanya sebatas kata kata. pasti sering melihat masih banyak orang yang senang apabila melihat orang lain sengsara ataupun sebaliknya rasa iri dan dengki akan menguasai hati mereka ketika melihat orang lain lebih berhasil.

Ada juga dua anak muda yang putus pacaran akhirnya saling benci bahkan saling maki
dan mengucapkan sumpah serapah menyesali hubungan mereka, atau pasangan suami istri yang bercerai saling ngotot memperebutkan anaknya dengan mengatasnamakan untuk kebahagiaan anaknya. Setelah itu meraka lagi berpindah-pindah ke lain hati dengan dalih mencari cinta sejati mereka. Lalu dimanakah sebenarnya cinta sejati itu ?

*Cinta Sejati itu ada ketika kita merasa bahagia melihat orang yang kita kasihi
bahagia dengan segala pengorbanan untuknya*

Pengorbanannya adalah dimana harus menjadiauhkan hati dari perasaan iri merasa
dibohongi, tidak dihargai, dilecehkan, disaingi , gengsi, dendam dan yang sejenisnya. Besarkan hati dengan memberikan pujian kepada orang yang telah berhasil walaupun itu saingan kita, ucapkan selamat kepada teman yang telah sukses dalam hidupnya. Dengan bersikap positif seperti itu akan lebih dihargai dan bisa jadi mereka akan menjadikan rekanan dalam usahanya. Seandainya harus merelakan orang yang cintai pergi dai sisi , katakan pada diri bahwa itulah yang terbaik untuk kebahagiaan dan dirinya. Seandainya ingin menagis, menangislah sepuasnya untuk menghilangkan rasa sedih yang menyesaka dada, bukan untuk menyesali diri atau menyalahkan keadaan karena hanya akan menyiksa bathin sendiri.

Pada saat bisa mengiklashkan dia bahagĂ­a dengan hidupnya
maka saat itu pula akan merasakan arti cinta sejati yang tak selamanya harus memiliki. Simpanlah semua kenangan Manis atau Pahit yang pernah alami dan ambil hikmahnya, Jangan pernah berusaha untuk melupakannya karena hanya akan membuat semakin menyesali semuanya karena bagaimanapun semua yang telah terjadi sudah merupakan sepenggal kisah dari hidup.

ANUGERAH TERINDAH


Pernahkah bayangkan bagaimana insan manusia hidup tanpa cinta?, tentu juga
pasti tau jawabannya bukan?. Saya ilustrasikan orang yang tidak memiliki cinta, hidupnya seperti robot, tidak akan pernah peduli apa yang terjadi di sekitarnya mereka akan selalu mementingkan dirinya sendiri, dan tidak akan pernah mau mendengarkan pendapat orang lain. Kalau ada yang menghalangi jalannya dia tidak akan segan-segan untuk menyingkirkannya. Mungkin kalau dia menemui kegagalan dia anggap itu adalah sebuah akhir dan tidak ada lagi jalan semuanya akan buntu karena dari awal dia berfikir tidak ada yang lebih benar dari pendapatnya.

Wah serem bukan , Bersukurlah kita dilahirkan ke dunia sebagai mahluk yang
sempurna dan diberikan anugerah terindah yaitu Cinta. Hidup ini akan terasa indah dan gampang tatkala kita bisa memaknai cinta. Akan selalu ada jalan disetiap kesulitan, akan selalu ada jawaban disetiap pertanyaan, dan akan selalu ada hikmah dalam setiap cobaan.

Dalam hidup ini selalu ada dua hal yang berbeda seperti siang dan malam, begitu juga
ada cinta dan benci. Sepeti pepatah mengatakan benih padi ditanam padi pula yang akan dipanen, apa bila benih kebencian ditanam maka kesengsaraan akan didapat begitu sebaliknya benih cinta ditanam maka kebahagiaan akan diperoleh.

Comments :

0 komentar to “WARUNG KOPI”

Posting Komentar

Anda Pengunjung Ke

Peluang Bisnis

Rank Blog

 

Copyright © 2009 by Ikatan Mahasiswa dan Alumni Kota Metro